Friday 20 January 2012

File Video Menyebabkan explorer.exe hang

Kali ini kumpulan tutorial komputer mau sharing sedikit pengalaman saat main-main dengan windows explorer, tahukan windows explorer?Kita lihat sekilas yuuk...
 
Windows Explorer adalah sebuah aplikasi perangkat lunakmenyediakan antarmuka grafis kepada pengguna untuk mengakses sistem berkas (baik itu sistem berkas cakram ataupun sistem berkas jaringan).
Komponen Windows inilah yang mempresentasikan antarmuka kepada pengguna di dalam monitor  dan mengizinkan pengguna untuk mengontrol komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. Kadang-kadang, Windows Explorer juga disebut sebagai Windows GUI shell atau "Explorer" saja.

Sudah cukup ya lihat-lihatnya, Langsung ke inti sharingnya aja: Pada awalnya ane iseng-iseng mau ngerapiin file-file di harddisk ane, Istilah dunia ITnya Manajemen file. awal ngerapiin file berjalan lancar tapi entah mengapa saat membuka folder yang berisi file-file video tiba-tiba windows explorer not responding, ga bisa diklik dimana-mana klik tombol back juga g bisa, y jadi seperti biasa deh main CTRL+ALT+DEL, syukur task manager masih bisa terbuka dan pas ane buka pada tab Applications ternyata memang windows explorernya udah not running, langsung ane coba klik END TASK , ane klik berkali-kali tuh tombol, G juga bisa tertutup windows explorernya, jadi ane coba tuh klik satu tab kekanan tepat pada tab Processes.


Pas ane perhatiin----widiiih ada satu hal yang mencolok, explorer.exe ternyata memakan paling banyak source CPU bahkan rata-rata 99%-100%. koq bisa y begitu padahal ane hanya buka satu windows explorer + satu task manager, langsung deh langsung ane klik end process untuk mengakhiri windows explorer itu, akhirnya cpu kembali ke keadaan normal, trus ane coba lagi buka folder pada direktori lain yang berisi video juga, eh ternyata masalahnya berulang-windows explorer ane hang lagi, lalu ane coba tuk menggunakan ingatan memori otak ane yang telah diciptakan Tuhan dengan sangat luar biasa nie, trus ane ingat satu hal tentang hal yang berhubungan dengan video, dan memang beberapa hari sebelumnya ane barusan nginstall Total Video Converter tuk keperluan convert file video ane (pada saat nginstall itu,software  Total Video Player juga otomatis terinstall), nah ane iseng ngebuka tuh software n pada awal menjalankan Total Video Player kan tuh software nanyain type file-file apa aja  yang bisa disupport, n ane langsung aja centangin semua type biar g repot :P

Nah pada saat itulah ane baru sadar kalau windows explorer ane mulai g beres, langsung aja deh ane bergegas ke controll panel tuk menghapus tu software, n jreng...jreng...jreng akhirnya windows explorer ane kembali seperti normal, buka file video apapun dah g bermasalah lagi....Siiiip dah.



Jadi begitulah caranya mengatasi masalah saat File Video Menyebabkan explorer.exe hang, ternyata Total Video Converter toh biang keroknya, dalam lain kasus juga ane temuin software2 untuk keperluan video lainnya juga menyebabkan hal yang sama misalnya VLC player ato GOM player.

Jadi solusinya coba uninstall software yang ada hubungannya dengan video

No comments:

Post a Comment